Laman

Jumat, 30 April 2010

BILA SISWA SUKA MENYONTEK....

Di dalam proses belajar mengajar ada saat guru harus di uji. Bukan diuji dengan kumpulan soal-soal tetapi di uji bagaimana kecermatan dan kebenaran guru dalam menilai hasil belajar siswa. Bagi guru yang "jeli" dan "streng" dalam mengawasi siswa saat ulangan/latihan tentu bukan suatu masalah. Namun yang menjadi masalah, siswa merasa kurang nyaman karena merasa terlalu "diawasi" sehingga terkesan "stress" saat menyelesaikan soal demi soal. Dan yang menjadi kendala bagi guru jika siswa selalu berusaha "nyontek" saat ulangan/latihan agar semua soal terjawab tanpa harus bersusah payak berpikir. Jika ketahuan guru, mungkin lagi naas. Namun, jika tidak ketahuan guru bisa menjadi lebih naas lagi.
Jika menghadapi hal yang seperti ini tentu guru tidak mengetahui pasti kapasitas siswa sebenarnya. Memang penilaian tidak hanya dilakukan saat ujian praktek / tulisan di kelas tetapi harus dilakukan setiap melakukan pembelajaran. Sehingga dapat diketahui lebih dalam lagi kemampuan siswa sebenarnya. Pada saat penilaian terakhir guru juga tidak terlalu sulit mengambil keputusan karena penilaian telah dilakukan secara kontinu.
Untuk mengatasi siswa yang suka menyontek teman sekelasnya duntuk mengatasinya dapat dilakukan beberapa trik. Misalnya dengan indikator yang sama buat beberapa model soal dan jawaban. Sehingga siswa yang suka menyontek akan "terjebak" sendiri dengan ulahnya.
Usahakan juga jumlah soal dengan waktu yang disediakan tidak banyak memberi ruang pada siswa untuk bertanya. Sehingga siswa benar-benar mengerjakan soal sesuai kemampuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar