Laman

Selasa, 20 April 2010

Pentingnya Lembar Kerja Siswa dalam Proses Pembelajaran

Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang tepat bagi peserta didik karena LKS membantu peserta didik untuk menambah informasi tentang konsep yang dipelajari melalui kegiatan belajar secara sistematis (suyitno, 1997:40). Namun biasanya lembar kerja siswa berisikan materi soal sehingga bagi siswa yang selalu menggunakan lembar kerja siswa akan merasa bosan. Dan cara penyajian Lembar kerja siswa juga terkadang terkesan monoton kurang bervariasi.

Belum lagi lembar kerja siswa itu berisikan soal-soal mata pelajaran yang boleh dikategorikan mata pelajaran yang kurang diminati siswa seperti, matematika, bahasa inggris atau IPA. Jika dalam penyajiannya lembar kerja siswa tidak dibarengi dengan variasi maka siswa akan cepat bosan dan enggan untuk memahami isi soal.

Di dalam lembar kerja siswa hendaknya dalam membuat soal atau pertanyaan harus dikombinasi dengan suatu permainan, baik permainan gambar, kata ataupun sejenis Teka Teki Silang (TTS) yang berhubungan dengan materi pelajaran yang dipelajari sehingga siswa dalam mengerjakannya lebih tertarik. Dengan Lembar Kerja Siswa guru juga akan terbantu dalam proses pembelajaran yang terkadang butuh waktu yang cukup lama untuk menjelaskan namun dengan menggunakan lembar kerja siswa akan lebih maksimal waktu yang dibutuhkan.

Di bawah ini sebuah contoh lembar kerja yang pernah saya berikan pada siswa untuk mata pelajaran TIK

LEMBAR KERJA SISWA

  • Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Kelas / Semester : VIII / 2
  • Waktu : 6 x 40 menit
  1. Judul Kegiatan :

Menggunakan menu dan ikon toolbar pada Microsoft Excel

  1. KOMPETENSI DASAR

2.3 Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah angka

  1. INDIKATOR
  • Menggunakan sub – sub menu dari 9 menu yang pada menu bar yaitu : File, edit, view, insert, format, tools, data, window, dan help
  • Menggunakan ikon-ikon pada Toolbar :
  1. Standard
  2. Formatting
  3. Drawing
  1. SASARAN HASIL BELAJAR :
  1. Peserta didik mampu menggunakan sub – sub menu pada Menu Bar lewat keyboard atau mouse
  2. Peserta didik mampu menggunakan ikon pada toolbar standart dengan menggunakan keyboard atau mouse
  3. Peserta didik mampu menggunakan ikon pada toolbar formatting dengan menggunakan keyboard atau mouse
  4. Peserta didik mampu menggunakan ikon pada toolbar drawing dengan menggunakan keyboard atau mouse
  1. MATERI POKOK

Cara menggunakan Menu dan Ikon

  1. Cara menggunakan menu bar pada program aplikasi pengolah angka (Microsoft Excel)
  2. Cara menggunakan Ikon /Toolbar pada program aplikasi pengolah angka (Microsoft Excel)
  1. INFORMASI KEGIATAN

- Mengingatkan siswa untuk berdoa sebelum praktik di dalam labor komputer

- Mengingatkan siswa tentang sistem K3 saat praktik

- Siswa membaca lembar materi yang telah diberikan sebagai persiapan praktik

- Siswa melakukan praktik secara individu

- Lakukan praktik sesuai prosedur dan sesuai dengan intruksi pada lembar materi yang diberikan guru

  1. PENILAIAN

Penilaian Praktik

Soal :

1) Gunakanlah menu , sub menu serta ikon pada toolbar Microsoft Excel untuk menyelesaikan lembar materi dengan tampilan seperti dibawah ini

:

2) Gunakan menu, sub menu, ikon toolbar yang tersedia pada Microsoft Excel sehingga menghasilkan tampilan seperti yang terlihat pada lembar materi di atas.

3) Simpan file hasil pengerjaan pada media penyimpanan komputer (Harddisk) driver D: Data. Buat Folder pada drive D dengan nama folder :TIK-8. Lalu simpan file pada folder tersebut dengan nama kamu. Misalnya :Santi.

4) Lembar materi yang belum selesai dapat dikerjakan pada pertemuan selanjutnya.

5) Selesaikan lembar materi secara mandiri (individu).

Lembar pengamatan / penilaian (praktik)

No Nama Siswa *) 1 2 3 4 Skor Nilai











Keterangan :

*) = Menggunakan menu, sub menu serta ikon toolbar Microsoft Excel

1. Cara mengaktifkan program Microsoft Excel

2. Ketepatan penggunaan Menu, sub menu serta icon

3. Proses perhitungan yang tepat

4. Menyimpan hasil praktik sesuai dengan prosedur/intruksi lembar materi

Penilaian Sikap

No Aspek yang dinilai Skor Nilai Keterangan
1

2

3

Penguasaan materi

Kemandirian

Ketepatan waktu




  1. ALAT DAN SUMBER :
  1. Alat yang dipergunakan :

- Komputer

- LCD

- Lembar Kerja Siswa

- Lembar Materi

  1. Sumber

- Kurikulum 2009-2010, SMPN 10 Tebing Tinggi 2009

- Standar Kompetensi TIK SMP

- Buku TIK SMP Kelas VIII

- Internet


Tebing Tinggi, 3 Maret 2010

Mengetahui :

Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar